Eko Alvares Z

Selasa, 20 Maret 2012

Komersialisasi Ruang Publik

Kawasan pusat kota Padang secara visual semakin tinggi variasi-nya, salah satunya disebabkan oleh semakin tingginya pemanfaatan ruang-ruang potensial visual kota oleh dominasi iklan. Dominasi iklan dari berbagai macam jenis dan produk serta ukurannya, seolah-olah tidak ada lagi ruang tersisa untuk menikmati bangunan atau pemandangan kota.

Hampir semua kawasan kota di komersialkan, atau dengan kata lain dijual untuk iklan. Sebagian besar warga kota tidak pernah tahu, berapa pajak yang dihasilkan oleh iklan dan propaganda tersebut. Apakah sepadan dengan kehilangan keindahan kota, atau pajak tersebut dapat membangun kota lebih indah dan cantik lagi.

Tidak pernah tahu pula kita, siapa yang membayar dan bagaimana ketentuan membayar, seperti seluas apa untuk rupiah seberapa dan berapa lama. Yang kita tahu, semakin luas ruang visual potensial yang harus di jejali oleh iklan.

Tidak ada komentar: