Eko Alvares Z

Kamis, 26 Juni 2008

Padang Butuh Bus Massal Nyaman dan Murah

Sabtu, 17 Mei 2008
Padang, Padek-- Transportasi merupakan urat nadi sosial ekonomi masyarakat yang sangat berpengaruh terhadap kelangsungan perekonomian daerah, pariwisata, budaya serta pertahanan dan keamanan. Oleh karena itu, perlu adanya transportasi massa yang murah, cepat, aman dan nyaman.

“Pelaksanaan transportasi murah dan aman tersebut, yakni transportasi massal. Hadirnya transportasi ini tidak boleh lagi mementingkan individu. Masa depan, warga menginginkan rasa aman, cepat, murah dan sehat,” kata Pengamat Transportasi dari Universitas Bung Hatta (UBH) Eko Alvares kepada Padang Ekspres, kemarin.

Kota Jakarta misalnya. Secara bertahap, sebut Eko Alvares, beralih ke transportasi massal dengan mengadakan bus way, yang dapat memberikan rasa aman, cepat, murah dan sehat. “Kini, secara bertahap Jakarta menuju transportasi, monorel (kereta api cepat). Oleh karena itu, kita juga harus belajar ke Jakarta dan sudah saatnya kita menuju ke sana,” ucap Eko.

Eko mengatakan melihat kondisi angkutan umum saat ini, memiliki kekurangan di antaranya boros, menimbulkan polusi dan berebut penumpang. “Nah, transportasi massal salah satu solusinya.”

Kota Padang, kata Eko akan mengaplikasikan transportasi massal ini dengan mengadakan bus massal tahun 2009. Secara teknis, lima pemilik angkot menjual angkotnya ke badan lembaga usaha pemerintah untuk membeli satu bus massal. “Menurut saya, meski idenya bagus tapi sudah terlambat. Saya berharap adanya pengkajian terkait rencana tersebut dan tertuang dalam rancangan tata ruang kota,” tukasnya.

Tanggapan Pengamat Transportasi Eko Alvares ini seiring akan dilaksanakannya Seminar Nasional “Menciptakan Transportasi Aman dan Murah” yang diselenggarakan Harian Pagi Padang Ekspres, Kamis (22/5) di Pangerans Beach Hotel. (ril)


Tidak ada komentar: